Senin, 23 Februari 2009

Tips Ngurangin Rasa Keringat Dingin Saat Ujian

Nggak terasa ujian sudah sebentar lagi. Try out demi try out sudah hampir selesai kita lalui. Pastinya kita punya banyak pengalaman saat kita menjawab semua soal-soal yang udah di berikan. Mungkin ada yang nggak tau harus ngejawab apa, lupa dengan semua pelajaran yang telah kita pelajari sehari sebelumnya, salah ngolomin jawaban, dan macam-macam lagi deh dengan yang lainnya. Itu semua adalah faktor nerves. Belum apa-apa badan kita udah keringat dingin. Gimana mau ngejawab soal kalau di awal-awal udah nggak konsen. Bisa-bisa hancurlah sudah harapan kita. Gimana kalau ujian beneran ya?? Itu bisa berdampak buruk buat kita. Dan aku punya beberapa solusi untuk ngurangi rasa nerves atau keringat dingin yang ada pada kalian semua saat ujian tiba.

  1. Sebelum menjawab soal dan sebelum membuka soal, berdo’a terlebih dahulu. Karena berdo’a adalah obat dari segalanya. Tetapi kalau berdo’a tanpa usaha sia-sia juga.
  2. Usaha yang harus kita lakukan adalah mencoba untuk tetap tenang dari saat soal dibagikan sampai ketika kita membuka dan menjawabnya. Kalau kita tenang, Insyaallah soal-soal tersebut dapat kita selesaikan dengan baik.
  3. Konsentrasi kepada soal yang telah diberikan. Jangan hiraukan teman-teman sekelasmu yang ingin meminta jawaban kepadamu. Atau pun sebaliknya. Jangan sekali-kali mencoba meminta jawaban kepada teman kamu kalau kamu memang tidak mau pengawas memergoki aksimu. Itu semua bisa membuatmu menjadi bertambah keringat dingin. Kecuali kamu memang udah profersional dalam menyontek(tapi kalau bisa sih jangan. Hehehe)
  4. Kalau bisa usahakan untuk memakan permen. Eittszzz.... tapi ingat jangan sampai ketahuan oleh pengawas. Karena dengan mengulum permen, kita akan merasa sedikit rileks, dan bisa membantu kamu dalam menjawab soal.
  5. Jangan bertingkah seperti seseorang yang mencurigakan. Karena pengawas akan melihat kamu jika kamu seperti itu.
  6. Jangan selalu melihat jam. Karena itu juga sangat berpengaruh pada konsentrasi kita.
  7. Jangan terpengaruh dengan teman-temanmu yang sudah keluar terlebih dahulu. Kalau memang masih banyak soal yang belum kamu jawab, maka selesaikan. Karena tingkat kecerdasan seseorang berbeda-beda. Mungkin temanmu yang keluar terlebih dahulu lebih pintar dibanding kamu. Jika malah sebaliknya(kamu yang lebih pintar) anggap saja dia adalah orang terjenius yang pernah kamu kenal.
  8. Jika bel pertanda waktu akan selesai 15 menit lagi, jangan cemas. Usahakan kamu tetap konsentrasi dengan pekerjaanmu. Anggap waktu untukmu masih lama lagi.

Selamat mencoba ya.... mudah-mudahan tips ini bisa sedikit banyak membantu kalian dalam mengejakan soal ujian. Dan semoga apa yang kalian cita-citakan tercapai. Kita berdo’a semoga seluruh anak Indonesia bisa mengerjakan semua soal yang diberikan. Amin.

0 komentar:

 
design by suckmylolly.com